Memulai siaran AutoDJ

Auto DJ atau cloud DJ adalah siaran online 24 jam di internet tanpa harus menyalakan komputer local terus menerus. Yang bertugas siaran adalah server. Kita cukup upload file saja. Berikut ini adalah langkah awal siaran auto DJ berbasis centovacast. Yang perlu dipersiapkan adalah account centovacast yang telah anda dapatkan dari Broadcastindo, Setelah melakukan aktifasi dan mendapatkan info akun via e-mail. Berikutnya adalah browser seperti Chroome, Firefox, Safari, Opera dan browser lainya yang kompatibel.

Login pada akun centovacast anda dengan address dalam contoh ini adalah http://myradio.onlivestreaming.net dan masukkan user password. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut:

centovacastmainpage

Tampilan dasar centovacast – klik untuk zoom

Keterangan gambar

  1. Status server & judul lagu yang sedang terputar akan tampil di sini
  2. Link player & flash player untuk memonitor audio streaming yang sedang ON AIR
  3. Album cover jika ada. Fitur ini sementara hanya untuk auto DJ. Live belum support
  4. Status kapasitas, Pendengar dan harddisk
  5. Recent track, 10 daftar lagu yang sudah terputar
  6. Panel DJ. untuk memanage playlist file dan juga start/stop autoDJ

Jika sudah mendapatkan tampilan seperti gambar di atas. Maka anda dapat memulai upload file audio ke server. Upload file ke server ada dua metode via website dan FTP. Dalam contoh ini kita bahas yang via website.

Tekan tombol file pada menu autoDJ (Gambar no 6), pilih folder media dan klik upload pada bagian bawah. Tekan select file untuk memilih file audio yang akan anda upload. upload_to_centovacast

Silahkan tunggu hingga proses selesai. dan file akan masuk di folder media. Ingat, semua file audio yang akan disiarkan harus berada dalam folder media supaya terdeteksi oleh playlist system. Selain di folder media file audio tidak akan terdeteksi.

Jika file sudah dipastikan masuk pada folder media. Klik return untuk kembali ke halaman utama. Kemudian klik media library untuk memasukkan file lagu ke playlist. Screenshotnya pada gambar berikut:

media_library

Keterangan gambar:

  1. Judul album
  2. Artis
  3. File lagu

Selain tampilan daftar lagu berdasarkan album seperti gambar di atas. Anda juga dapat mengatur berdasarkan file. Tekan option → browse by folder

brows_by_folder

Maka akan muncul daftar semua file yang berada di folder media. seperti gambar berikut :

drag_file

Kemudian drag/geser file ke playlist yang anda inginkan. Dalam contoh ini dimasukkan ke playlist standar rotation. klik playlistnya dan tekan tombol save. Ulangi langkah ini jika anda ingin menambhkan lagu/file lain. Setelah lagu masuk ke playlist klik return untuk kembali ke halaman utama.

Pada menu server tekan start untuk memulai siaran.

centova_onair

Keterangan:

  1. Gambar di atas menunjukkan bahwa server auto DJ anda telah ON AIR. status bar menampilkan judul lagu yang sedang terputar
  2. Klik tombol play untuk mencoba mendengarkan, atau klik tombol nada untuk mendengarkan via player seperti Winamp, iTunes, Dan sebagainya.
  3. Tombol stop. untuk menghentikan auto DJ, tombol next untuk melewati lagu yang sekarang diputar dan pindah ke lagu berikutnya.

Sampai di sini kita telah memulai siaran autoDJ tahap awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *