Peralatan Radio Streaming

Sesuai dengan judul tulisan ini. Kali ini kami akan memberikan tutorial apa saja perlatan radio streaming yang perlu dipersiapkan. Sebenarnya perlatanya sangat sederhana bahkan mungkin Anda sudah memilikinya.

Komputer

komputer

Tentu saja hal ini adalah yang paling utama diperlukan untuk dapat melakukan live streaming radio. Spesifikasi komputer yang dibutuhkan sebagai perlatan radio streaming tidak perlu yang tinggi, Bahkan processor pentium komputer lama masih dapat digunakan untuk radio streaming. Yang terpenting komputer ini dilengkapi dengan soundcard, baik internal atau external (salah satu). Dan jangan gunakan komputer yang sering ngadat ya hehehe.

Berikut ini adalah contoh gambar soundcard :

soundcar-onboard

Soundcard internal onboard

soundcard-eksternal

External Soundcard

Koneksi internet

Setelah komputer dan souncard sudah siap berikutnya yang perlu disiapkan adalah internet tentunya. Internet yang digunakan untuk radio streaming juga tidak perlu tinggi-tinggi yang penting stabil. Kecepatanya dapat disesuaikan dengan bitrate streaming yang ingin digunakan. Semakin tinggi bitrate semakin bagus kualitas audio streaming. Minimal diperlukan 32 Kbps untuk dapat menjalankan audio streaming.

Mixer

Mixer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menggabungkan beberapa audio seperti suara penyiar dan music dalam satu hasil master output. Pada contoh gambar berikut menggunakan mixer dengan merk Behringer Xenyx QX1202USB :

mixer

Gambar di atas hanyalah contoh. Banyak sekali jenis-jenis mixer dengan berbagai merk, harga dan spec dipasaran dan semua dapat digunakan untuk siaran live audio streaming.

Michrophone

mic

Tanpa berlu di tulis panjang lebar tentu saja Anda sudah tahu kan? Bahwa mic ini digunakan untuk menyalurkan suara penyiar yang nantinya terhubung ke mixer.

Headset

Digunakan untuk memantu suara komposisi yang dihasilkan oleh mixer. Jadi penyiarnya tahu seperti apa hasil suaranya saat siaran.

Jack

Untuk menyalurkan audio dari dan ke komputer yang digunakan untuk streaming, kita memerlukan dua jack. Yang umum digunakan adalah jack RCA to 3.5 MM gambarnya seperti berikut :

rcato355

Dan dua buah converter konektor RCA to 6.35 Jack seperti berikut :

2rcato635-

Konektor tersebut digunakan untuk menyalurkan output suara dari komputer ke mixer dengan soket jack 6.35. Sedangkan untuk jack output di mixer tidak memerlukan converter ini karena secara default soketnya sudah RCA.

Jenis jack dapat berbeda-beda pada setiap mixer. Contoh jack di atas menggunakan mixer Behringer Xenyx QX1202USB

Nah, setelah semua peralatan radio streaming di atas sudah lengkap, Langkah berikutnya adalah memadukan perlatan tersebut agar siap mengudara sebagai radio online di internet.

Silahkan pasang sesuai dengan skema pada gambar berikut :

skema-radio-online-streaming

Dengan skema seperti di atas seluruh kontrol audio seperti volume bakcsound dan suara penyiar dikendalikan via mixer. Komputer hanya berperan sebagai playlist.

Setelah semuanya terpasang dengan benar, Langkah berikutnya adalah memastikan bahwa audio tersirkulasi dengan baik. Silahkan melakukan pengecekan mic, atau memutar lagu pada komputer dan periksa pada bagian line in.

recordingdevicemenu

Klik kanan tombol windows pada komputer Anda [Dalam contoh ini menggunakan windows 8.1] dan pilih recording device. Hingga muncul windows seperti berikut :

lineinwindows8

Klik kanan line in, Hingga muncul windows line in properties, Dan klik tab level. Sesuaikan volume yang pas sesuai dengan keinginan Anda. Perhatikan peak metter warna biru jika sudah bergerak naik turun artinya audio sudah masuk (perhatikan gambar di atas)

Dan langkah terahkir adalah melakukan setting software streaming yang akan digunakan. Anda banyak sekali software yang dapat digunakan untuk siaran radio streaming seperti Winamp, Sam broadcastindo, RadioBoss, RadioDJ dan lain-lain.

Untuk paduan setting software streaming silahkan klik link pada related post

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *