SHOUTcast Mount Points

Mount Points pada live streaming berbeda lo dengan mountpoint pada filesystem linux. Mount points pada live streaming adalah identifikasi antara format stream satu dengan yang lain dalam sebuah server. Masih bingung? yuk coba kita lihat diagram berikut :

mpdiagrampada diagram diatas ada dua jalur dari broadcaster menuju server yaitu stream1 & stream2 dengan format yang berbeda. Yaitu aac+ dan mp3. Nah dari sini dapat kita simpulkan bahwa mount point ini juga bermafaat itu membuat lebih dari satu jalur streaming dengan format atau bitrate yang berbeda dalam satu server.

Fitur SHOUTcast Mount Points dapat dijumpai pada SHOUTcast versi 2, dan tidak tersedia di versi 1. Pada versi 1 jika ingin membuat dual format atau bitrate audio streaming yang berbeda harus menggunakan dua software server yang berjalan.

Identifikasi masing-masing SHOUTcast Mount Points

  • Dari segi encoder, identifikasi mount point pada shoutcast menggunakan SID (Stream ID) yang berupa angka. Pengaturanya adalah pada encoder.
    SID Setting pada SHOUTcast DSP Winamp

    SID Setting pada SHOUTcast DSP Winamp

    SID Setting pada Sam broadcaster

    SID Setting pada Sam broadcaster

  • Sedangkan untuk identifikasi ke public, dapat menggunakan ID unik sesuai yang di inginkan. Misalkan /stream1, /stream2. /stream3 dan seterusnya. Penganturanya dapat dilakukan melalui file .conf SHOUTcast. Bagi penggunakan control panel centovacast dapat dengan mudah melakukan penganturan output mount point pada menu setting.
    mountpointcentovacast

Dummy hasil address pada mountpoint yang sudah diatur adalah sebegai berikut :

  • http://cast10.onlivestreaming.net:8000/stream1 (format mp3)
  • http://cast10.onlivestreaming.net:8000/stream2 (format aac)

2 thoughts on “SHOUTcast Mount Points

  1. nah dari sini dapat kita simpulkan bahwa mount point ini juga bermafaat itu membuat lebih dari satu jalur streaming dengan format atau bitrate yang berbeda dalam satu server.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *