Software yang digunakan untuk siaran radio

Pada era 60 an stasiun radio memutar music dengan piringan hitam pada player yang disebut gramophone. Pada era itu kaset sudah ada, namun belum mampu  menggeser ketenaran piringan hitam seperti CD yang muncul pada tahun 80 an.

Gramophone_1914

Gramophone

piringanhitam

Piringan hitam

Wah bisa kebayangkan betapa repotnya penyiar radio jika siaran sendiri. Oleh karena itu, penyiar radio harus memiliki partner operator yang dalam dunia radio biasa disebut Gate Keeper. Seiring dengan perkembangan jaman, piringan hitam di radio mulai ditinggalkan dan beralih ke kaset dan CD. Tapi tetap aja repot kan? secara kan harus milih-milih materi lagu, iklan, jingle dan lain-lain secara manual.

Hingga pada akhirnya komputerisasi mau tidak mau harus menjadi bagian dari stasiun radio. Radio Automation software atau software pemutar lagu untuk radio mulai digunakan di era milenium. Sampai di sini dulu yang flashbacknya, sekarang kita langsung menuju macam-macam software yang digunakan untuk siaran radio.

Winamp

Awalnya winamp tidak dirancang untuk software siaran radio. Namun karena fiturnya yang memungkinan, seperti playlist dan media library, banyak stasiun radio baik swasta maupun  komunitas yang menggunakan software ini. Ditambah lagi dengan kemunculan SHOUTcast radio online yang hadi di winamp lewat plugin DSPnya. Menjadikan winamp software yang simple namun powerfull untuk siaran radio. Sayangnya winamp ini sudah tutup pada desember 2013 lalu :(winampsc

SAM Broadcaster

Sam broadcaster mulai muncul pada tahun 2002. Software ini didesain untuk siaran radio online dengan fitur yang sangat lengkap. Memiliki dual deck, fitur history, laporan, website dan support untuk berbagai jenis server radio streaming. Software ini berbayar dan cocok juga untuk siaran stasiun radio.sambroadcaster

Jazler Radio Star

Jazler adalah radio automation software yang dirancang untuk stasiun radio dengan management yang tertata rapi. Tidak hanya memutar materi audio pada ruang siaran namun juga management penata music, periklanan dan juga penjadwalan program.

Jazler tida bisa memutar file audio secara langsung dari file atau drive. Semua materi harus di atur terlebih dahulu dalam database. Bagi pengguna awam mungkin rumit, tapi sebenarnya akan membuat system radio menjadi lebih rapi. Tidak ada fitur streaming dalam software ini.
jazler

 Radioboss

Player buatan rusia ini sangat mudah digunakan baik bagi user awam sekalipun. Fiturnya juga lengkap untuk siaran radio diantaranya

  • History
  • Log report
  • Jingle
  • Chart bart untuk tangga lagu
  • Dan lain-lain

Radioboss juga support untuk siaran live streaming seperti Icecast dan SHOUTcast.radioboss_player_fullsize

 Zahra Radio

Dari namanya apakah terdengar cantik? hihihi. Yuhu tampilanya mamang cantik dan juga mudah dipelajari. Ada fitur jingle, comercial break, dan juga penjadwalan. Tampilanya seperti gambar berikut
ZaraRadio_1

Nah itu dia 5 dari ratusan software yang dapat digunakan untuk siaran radio. Yang lainya masih banyak lo, Seperti BSI Simian, Raduga, Otsave, And many more. Tapi gak cukup jika di muat semua di artikel ini.

Supaya lebih memahami fitur sofware-software di atas, pastinya harus dicoba dong. Dan tentukan mana yang cocok.

Dengan adanya radio automation software. Pemutaran lagu, iklan dan materi audio lainya pada sebuah stasiun radio menjadi lebih mudah. Siaran sendiripun tidak masalah karena tinggal KLIK.

23 thoughts on “Software yang digunakan untuk siaran radio

  1. alhamdulilah akhirnya ketemu juda yang saya cari terima kasih atas info nya salam kenal yah cahya koswara (cahyakoswara@yahoo.co.id ) 089620670464

  2. gimana cara menggunakan SAM broadcasters secara gratis tanpa ada promosi pemakaian 30 hari, pengen selamanya digunakan ???
    mhon infonya :)

  3. Pingback: Integrasi Teori & Praktik Penyiaran | Yuk Belajar Komunikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *