Winamp tutup tanggal 20 desember 2013

Winamp akan tutup usia. mungkin ungkapan tersebut memang tepat dan telak menjadi berbincangan hangat bagi para insan broadcaster dan music. Yaps Winamp tutup tanggal 20 desember 2013. Lalu bagaimana nasib radio online yang menggunakan layanan SHOUTcast yang notabenya juga merupakan layanan dari AOL dan Nullsoft?

winamp_rip_1

Dalam situs download winamp di umumkan seperti berikut :

“Winamp.com and associated web services will no longer be available past December 20, 2013. Additionally, Winamp Media players will no longer be available for download. Please download the latest version before that date. See release notes for latest improvements to this last release.Thanks for supporting the Winamp community for over 15 years.”

Yang intinya winamp akan tutup pada tanggal 20 desember 2013 berserta layanan website yang terkait denganya.

Bagaimana Dengan SHOUTcast?

SHOUTcast memang layanan yang berkaitan dengan winamp. Namun hingga saat ini di situ resmi shoutcast.com belum nampak adanya pengumuman yang serupa.

Lalu bagaimana nasib penggunaSHOUTcast untuk radio online?

Tenang, meskipun shoutcast.com juga ikut tutup, Software shoutcast server dapat berporasi seperti biasa. Winamppun juga tetap dapat digunakan. Hanya saja sudah tidak disupport lagi oleh developernya. Dan radio tidak akan lagi muncul di shoutcast.com (ini baru prediksi lo).

Kalaupun akhirnya kedua layanan tersebut tidak bisa digunakan atau mati total. Masih banyak alternatif server streaming lainya. Seperti Icecast, Windows media, Wowza, dan lain-lain

Okay, jadi daripada berspekulasi, Kita tunggu saja perkembanganya hingga 20 Desember mendatang. Saya pribadi juga ragu. Masak sih layanan setenar SHOUTcast yang memiliki list jutaan radio di seluruh indonesia akan tutup?

Tunggu tanggal mainya… !!!

1 thought on “Winamp tutup tanggal 20 desember 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *